Pondok Pesantren Al-Quran Raudlatul Huffadh Kudus

Pondok Pesantren Al-Qur’an Raudlotul Huffadh Kudus terletak di kabupaten Kudus, tepatnya di Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Kalirejo RT.001/RW. 001,  Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Pondok Pesantren ini berjenis kombinasi, artinya terdiri dari santri putra dan santri putri.

Pondok Pesantren Al-Qur’an Raudlotul Huffadh merupakan pondok yang fokus pada hafalan al-Qur’an, dimana porsi mengaji dan setoran hafalan al-Qur’an lebih banyak daripada kajian literatur pesantren.  Adapun santri putra-putri terdiri dari para pelajar yang berasal dari luar daerah. Pondok Pesantren Al-Qur’an Raudlotul Huffadh Kudus merupakan salah satu dari beberapa pondok pesantren yang ada di kabupaten Kudus. Pondok ini didirikan oleh beliau KH. Masayih, AH dan Ibu Nyai Hj. Raudlotul Jannah, AH. Pesantren yang berdiri ditengah-tengah masyarakat ini memfokuskan pada hafalan al-Qur’an di samping ilmu-ilmu agama lain.

Sejarah singkat dan latar belakang berdirinya pesantren ini bermula dari keinginan beliau KH. Masayih, AH untuk berdakwah dan mendirikan pesantren di Desa Kalirejo, Undaan, Kudus. Pada tahun 1987 M beliau dengan hanya bermodalkan hafalan al-Qur’an berangkat menuju desa Glagah Waru ke Desa Kalirejo. Bapak yang juga warga Nahdlatul Ulama ini yang pertama kali dilakukan adalah mendirikan tempat tinggal di daerah yang terletak di jalan Kudus-Purwodadi, Desa Kalirejo RT.001/001, Undaan, Kudus ini lah yang nantinya beliau memulai perjuangannya mendirikan pesantren dengan didampingi istri beliau Nyai Hj. Raudlotul Jannah, AH dengan nama pesantren yang sudah difikirkan beliau yaitu Pondok Pesantren Al-Qur’an Raudlotul Huffadh Kalirejo, Undaan, Kudus.

Kang Eko

Alumni Pondok Pesantren Al-Qur’an Roudlotul Huffadh

Lainnya

Syaikh Baqir bin Muhammad Nur al-Jukjawi Ulama Nusantara dari Yogyakarta

Telah Dibaca: 675 Yogyakarta terkenal dengan kota yang mempunyai banyak budaya. Melalui budaya, Islam dapat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *